28 December, 2012

Cemburu: Virus Perusak Cinta

3 comments
Curiga adalah bensin cemburu, cemburu adalah virus perusak cinta. 

Cemburu adalah tanda minder.. bukan tanda cinta. 

Minta/pengen/butuh dicemburuin oleh pasangan.. itu juga tanda minder. 

Akar cemburu: ga ngerasa diri bernilai tinggi dan suka ngebandingin diri.. makanya panik kalo ada 'orang lain'. 

Cemburu terjadi saat kamu mencintai, tapi TERPICU rasa TAKUT KEHILANGAN atau KALAH PERSAINGAN.. bukan rasa cinta. 

Cemburu itu seperti flu: kalo muncul artinya KAMU lagi ga fit.. Bukannya karena keadaan/pasangan yang bikin 'gara-gara'. 

Apa efek minim PD saat pacaran/merit? Cemburu, parno'an, wajib lapor, kasar, banyak peraturan, posesif..
Disadur dari kultwit #faktacinta @lexdepraxis

Idealnya begitu, realitanya juga begitu.

Apakah gw pernah cemburu? Pernah tentunya.
Dan ketika gw cemburu, jika mau jujuur pada diri sendiri, ya memang apa yang dideskripsikan di atas yang terjadi dalam diri gw. Intinya karena takut kehilangan! Ga pede sama diri gw sendiri.. Ga pede sama hubungan yang gw jalani.. Ga pede sama pasangan..

Ada kalanya ketika gw sedang pede berat, lagi pede-pedenya sama pasangan dan hubungan kita, gw akan lebih jarang untuk cemburu. Seharian ga ketemu, hanya telponan 5 menit saja sudah membuat gw  tenang dan senang. Tapi akan datang masa-masa gw lagi ga pede.

Lalu gimana dong cara mengatasi cemburu?
Kata kuncinya udah ada kok.

Untuk mengatasi rasa cemburu, supaya hubungan jadi fit biar flu cemburu ga dateng:  
Tingkatkan rasa PD kamu! Tingkatkan kualitas diri, tingkatkan kualitas hubungan! 
Tingkatkan kualitas dirimu kamu ke kualitas yg kamu harapkan. Tingkatkan kualitas diri kamu ke titik di mana kamu yakin kamu bakal pede.

Mari gw kasih ilustrasi.

sms cemburu
A pacaran dengan B. A agak overweight, suka minder sama tubuhnya. B sebenernya pengen A kurusan.

Dalam dinamika hubungan mereka, ada masa-masa ketika A parnoan kalo si B jalan sama temen yang cantik, tinggi, langsing. A cemburuan!

Daripada hanya MENGURAS ENERGI terbakar cemburu, ujung-ujungnya jadi berantem sama B, dan malah mempertaruhkan hubungan mereka, lebih baik A meningkatkan kualitas dirinya toh?! Lebih baik A dan B sama-sama mendukung untuk meningkatkan kualitas diri masing-masing agar mereka sama-sama pede dan ga perlu cemburuan.

Ketika kita percaya diri, kita yakin "ah pasanganku ga akan begini begitu, aku udah memberikan kualitas yang bla bla bla yang dia sukai yang dia idamkan".

***

Tapi tentunya jangan terbuai dengan rasa percaya diri itu dan malah jadi besar kepala. Maintenance itu penting dalam sebuah hubungan. Maintenance berkala itu penting dalam sebuah hubungan. Evaluasi berkala, peningkatan kualitas diri yang continuous.

Balik ke contoh.
Coba A diet, dia bisa kurusan, langsing. Kepercayaan dirinya akan mulai tumbuh.
Si B juga ga perlu celingak-celinguk ke yang lain, pacarnya udah oke.

Itu contooh. Ini berlaku untuk cewek dan cowok lho ya. Silakan dikorelasikan ke hubungan yang kamu jalani karena KAMU yang paling mengerti hubungan yang kamu jalani dengan pasanganmu. 

Tingkatkan pede kamu! Tingkatkan kualitas diri kamu!

Ciptakanlah sebuah kondisi seperti berikut ini.
Orang itu spesial bukan karena dia ganteng, cantik, kaya, pinter, dan sebagainya. Tapi orang itu spesial karena punya kamu, karena punya kamu sebagai pacarnya. Karena kamu tuh spesial, ga bakal nemu kamu di 7 miliyar umat manusia yg lain"
Kembali diilhami oleh twit-twit @lexdepraxis

So, jadikan diri kamu SPESIAL ;)

3 comments:

  1. keren kk artikelnya...
    kk boleh minta izin copas gk buat tugas presentasi TIK??

    ReplyDelete