04 January, 2013

Pengguna Mac: Lebih Dermawan? atau Lebih Konsumtif

2 comments
Artikel ini membahas sebuah studi baru mengenai korelasi antara pengguna teknologi dan besarnya amal mereka. Teknologi di sini, meliputi sistem operasi (operating system), layanan e-mail, dan browser. Studi ini menemukan bahwa pengguna (user) Mac lebih banyak beramal.

Ah masa?

Berdasarkan Qgiv Giving Trends Report,
pengguna Mac melakukan lebih banyak donasi daripada pengguna Windows.

Pengguna OS Mac memberikan 25% lebih banyak per sumbangan dari pengguna Windows. Jumlah sumbangan rata-rata dilihat dari pengguna OS dari November 2011 - November 2012: Mac - $182 per sumbangan dan Windows - $137 per sumbangan (25% lebih kecil dari pengguna Mac)

Logika sederhananya begini. Harga PC Windows relatif lebih murah dari Mac. User Mac kemungkinan memiliki level ekonomi di atas user Windows, jadi bisa menyumbang lebih banyak.

Linux user vs. Windows user vs. Mac user
Tapi ga gitu juga.
Ada sebuah kenyataan lain yang perlu perlu diingat. User Mac lebih sering beli barang baru dibanding user Windows. User Mac lebih lebih sering beli software baru, storage baru, dan digital device baru. Bahkan pada masa komputer Macintosh sekalipun.
Yaiyalaah, user Windows kan seringnya donlot bajakan :))

Jadi, ini lebih dermawan atau lebih konsumtif?

Dikutip lagi dari artikel tersebut:
"Data tren pemberian amal dengan indikator teknologi dapat membantu organisasi memaksimalkan nilai dari pemasaran mereka saat ini dan kampanye dalam rangka menjangkau pasar yang lebih besar. Menggabungkan email, browser dan indikator kunci lainnya dengan data demografi yang ada memiliki potensi untuk membantu organisasi-organisasi lebih akurat menargetkan donor (pemberi amal) yang tepat." ujar Todd Baylis, presiden Qgiv.

Hemhh. Menarik. Ujung-ujungnya ke bisnis ya. Jadi, mau mengadakan charity event? Undanglah Mac user :p

***

Gimana menurut kamu tentang hasil studi ini? Share pendapat kamu di bagian komen ya :)

2 comments:

  1. User Mac kemungkinan memiliki level ekonomi di atas user Windows, jadi bisa menyumbang lebih banyak. ane setuju dengan pendapat ini sis, pengguna windows gimana mau nyumbang donasi, software yang di pakai di PC aja semuanya serba gratis dan bajakan pula.. hehe, informasi yang sangat bagus.. join di forum ini yuk, banyak hadianya lho, setiap minggu ada kontes..
    http://www.sukumaya.com/?referrerid=166

    ReplyDelete
  2. Hehehe.
    Tapi katanya Mac user di Indo suka ngebajak juga gan :p

    ReplyDelete